Cara Unlock Bootloader Smartphone Sony Xperia All Series

Cara Unlock Bootloader Smartphone Sony Xperia All Series - Bootloader mungkin adalah istilah yang masih asing terdengar untuk pengguna biasa. Sebagian besar bahkan kita sebagai pengguna biasa tidak tahu apa artinya atau apa fungsinya. Nah kali ini saya akan coba share dan ulas sedikit mengenai apa itu Bootloader. Bootloader adalah sesuatu yang memungkinkan kita untuk flash Custom Rom dan Software pada perangkat Android yang kita miliki. Kita bisa menambah atau melakukan Custom Software, ROM, pemulihan atau kernel meski tidak persis sama dengan yang dibuat oleh produsen asli dari perangkat tersebut, semisal mengganti atau menambah thema, aplikasi atau software-software bawaan dll. Jadi sebagian kita yang mungkin tidak begitu suka atau ingin berkreasi sangat membutuhkan tutorial cara Unlock Bootloader ini.
Namun hal ini tidak bisa di lakukan dengan sembarang cara atau metode, harus benar-benar sesuai dengan perangkat yang dimiliki. Jika salah metode atau gagal maka akan mengakibatkan kerusakan pada system bahkan hardware. Oleh karena itu, sebagian besar produsen melakukan Lock pada Bootloader perangkat produksi mereka. OEM dan operator memutuskan untuk mengunci, untuk alasan keamanan.
Namun jangan khawatir, karena produsen seperti Sony Xperia ini contohnya telah menyediakan fasilitas Unlocking bootloader secara resmi, akan tetapi ini akan membatalkan garansi dari perangkat yang anda miliki. Selain itu proses ini juga nantinya akan membuat perangkat Anda kehilangan kunci DRM yang berarti Anda tidak akan dapat menggunakan fungsi hak cipta perangkat Sony.



Baiklah langsung saja ke TKP, teman-teman perlu menyiapkan Kabel Usb yang (disarankan original bawaan sony xperia), kemudian PC / Laptop yang sehat system windows nya plus koneksi internet yang stabil. Jika sudah siap semua, silahkan ikuti langkah demi langkah tutorial dibawah ini dengan teliti dan benar.


Langkah 1: Download dan Install Driver Usb Sony Xperia pada PC / Laptop anda
Langkah 2: Selanjutnya Download dan install ADB Fastboot Tools
Langkah 3: Aktifkan Usb Debugging pada perangkat smartphone sony xperia anda, cara nya masuk ke tombol Panggilan kemudian ketik * #* #7378423 #* #* untuk mengakses service menu
Langkah 4: Kemudian masuk ke Info Layanan > konfigurasi > Rooting Status. Jika Bootloader unlock allowed mengijinkan atau tampil pesan Yes, maka Anda dapat melanjutkan dengan proses unlock. Tapi jika tidak mengijinkan tampil pesan NO atau jika status hilang, maka perangkat Anda tidak dapat dibuka dengan metode ini (pada tahap ini jika anda tidak mendapatkan pesan Yes atau bisa dilakukan Unlocking Bootloader, maka anda perlu mencari metode lain untuk melakukan Unlocking Bootloader, dengan menggunakan Box flash atau software tertentu. Namun dalam beberapa kasus hampir sebagian besar perangkat smartphone Sony Xperia dapat menggunakan metode ini).
Langkah 5: Jika sampai langkah ke 4 sukses maka selanjutnya buka atau kunjungi situs resmi Sony Bootloader Unlock Page.
Langkah 6: Akan tampil pilihan Tipe perangkat Sony Xperia, Silahkan Pilih sesuai dengan perangkat Sony Xperia yang akan anda Unlock Bootloader. Kemudian klik Continue

Langkah 7: Masukkan alamat email anda pada halaman berikutnya dan Sony akan mengirimkan Anda sebuah email konfirmasi. Pergi ke kotak masuk anda dan klik pada link konfirmasi.
Langkah 8: Sekarang anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI perangkat Anda. Nomor IMEI dapat ditemukan di sebuah nampan dalam slot kartu memori pada perangkat Xperia. Anda juga dapat menemukan nomor IMEI dalam Pengaturan > tentang telepon > Status.
Langkah 9: Checklist kedua kolom Term & conditions kemudian klik Submit

Langkah 10: Selanjutnya Anda akan menerima kode unlock melalui email yang Anda masukkan sebelumnya. Catat dan simpan kode tersebut.
Langkah 11: Buka ADB Fastboot Tool pada komputer anda dan Hubungkan smartphone ke PC. Biasanya kita mungkin diminta untuk mengaktifkan USB debugging izin ke komputer. Jika tidak, masukkan perintah dibawah ini pada kolom Command Prompt ADB Fastboot Tool


kemudian pilih atau ketuk Allow the Permission pada perangkat smartphone anda
Langkah 12: Selanjutnya ketik perintah berikut untuk boot ke fastboot mode.


Langkah 13: Masih dalam mode fastboot, Periksa koneksi dangan mengetik perintah seperti di bawah ini.


Ini harus mengembalikan nilai, mungkin 0.5 tapi itu tidak masalah. Jika nilai itu kembali, ini berarti koneksi tepat.
Langkah 14: Sekarang ketik perintah ini untuk membuka bootloader pada ponsel Sony Xperia anda.
Pada perintah di atas, ganti KEY (teks hijau) dengan kode yang anda terima dan catat tadi.
Langkah 15: Setelah proses selesai, perangkat anda telah berhasil di Unlock Bootloader nya. Lepaskan konkesi dari PC / Laptop kemudian Restart.
Selesai

Demikian tutorial Cara Unlock Bootloader Smartphone Sony Xperia All Series, jika menemui kendala saat unduh file dan program diatas, atau kendala pada langkah-langkah tutorial, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Sekian dari saya, terimakasih dan selamat mencoba.

Note:
[#] Backup: Pastikan untuk membackup data anda terlebih dahulu jika akan melakukan pembaruan atau upgrade software/firmware dengan metode ini, karena data akan hilang secara permanen setelah proses flash selesai.
[#] SafeLink: Mohon Maaf sebelumnya jika teman-teman terganggu atau kurang nyaman dengan adanya SafeLink dan ShrinkWeb, Mohon pengertianya untuk teman-teman sekalian, karena ini demi keberlangsungan dan perkembangan blog kita kedepan. SafeLink dan ShrinkWeb bisa di lewati setelah beberapa detik ( sekitar 5 detik ) setelah itu teman-teman bisa mengarahkan langsung ke link download file dan program.

0 Response to "Cara Unlock Bootloader Smartphone Sony Xperia All Series"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->