Informasi Seputar Teknologi Informasi

Kamis, 11 Agustus 2016

Tips & Trik Mudah Agar Smartphone Jadi Lebih Ngebut

Assalamualaikum wr wb. Selamat datang kembali di kandankjoang.com. Kali ini saya akan berbagi tips & trik cara agar smartphone jadi lebih ngebut. Secara umum android adalah system operasi open source yang bisa dan boleh di kembangkan oleh siapa saja. Banyak komponen system sebenarnya yang memungkinkan untuk di kembangkan lebih jauh, namun tetap butuh kemampuan SDM yang baik dan profesional. Nah untuk kita para pengguna biasa tetap bisa melakukan perubahan atau pengembangan dari system android ini, ya meski tidak terlalu ke dalam system. Membuat smartphone android jadi lebih longgar storage nya, membuat system jadi lebih ringan dan ngebut juga sudah termasuk dalam pengembangan system dalam sekala kecil. 
Baiklah langsung saja, kita terapkan di smartphone android kita tips dan trik di bawah ini :

1. Matikan atau disable Animasi yang ada di smartphone

Cara nya, aktifkan develover option terlebih dahulu dengan cara menekan sebanyak 7 kali "Build Number" di dalam menu "About Phone".
Kemudian rubah settingan animasi Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale menjadi 0.5 saja.
2. Gunakan Wallpaper biasa atau statis saja
Kebanyakan smartphone android menyediakan wallpaper live, yang bisa membuat system jadi lebih berat. download atau gunakan wallpaper statis saja agar system jadi lebih ringan.
3. Kurangi jumlah widget di bagian home screen

Widget bawaan smartphone luamayan banyak, contoh weather, calenders, digital clock dll. Pasang saja seperlunya yang kita butuhkan, jangan semua nya di pasang di bagian home screen.
4. Kurangi jumlah Home screen
Pada smartphone android kita dapat menambah layar home screen menjadi beberapa bagian, agar system tidak berat gunakan saja 2 atau 3 layar home screen. jika ingin lebih ringan 1 layar saja.
5. Hapus atau tutup Recent app yang tidak terpakai

Saat kita membuka aplikasi kemudian menutup nya, aplikasi tersebut belum tertutup sepenuhnya, aplikasi masih berjalan namun tersimpan di balik layar utama home screen. Tutup aplikasi melalui tombol Home atau option di smartphone.
6. Pakai launcer yang ringan
Agar smartphone lebih ngebut, gunakan launcher system yang ringan. Atau pakai saja launcher bawaan smartphone.
7. Gunakan Aplikasi yang kita butuhkan saja
Jangan install aplikasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan gunakan, sehingga bisa menambah beban system dan memenuhi ruang simpan smartphone.
8. Hapus Aplikasi bawaan ( Bloatware) yang tidak terpakai
Untuk lebih jelas tutorial nya ada disini.
9. Hapus Cache, cokie dan file sampah

Hapus cahche, cokie dan file sampah, untuk masing-masing aplikasi kita bisa menghapus cache memory dengan cara masuk ke menu aplikasi manager, dan pilih aplikasi yang paling sering di gunakan, kemudian hapus cache. untuk cokie dan file sampah bisa di cari di file manager.
10. Matikan Auto start app yang tidak penting

gunakan auto start app yang penting-penting saja, jangan terlalu banyak karena akan membuat loading lama.
11. Overclock 

Kecepatan Processor sebenarnya bisa di tambah, namun cara ini lumayan beresiko, saya tidak menyarankan jika kita belum benar-benar memahami cara kerja nya. Tapi jika ada yang mau mencoba dan berani menanggung resiko nya ada beberapa aplikasi yang bisa di gunakan untuk overclocking, salah satu nya adalah "Pimp My Rom". untuk yang satu ini DWYOR.
12. Factory reset

Yang terakhir Factory reset, atau kembali ke setelan awal. Semua perangkat system di smartphone telah menyediakan fasilitas yang satu ini. untuk melakukan nya cukup mudah, namun ada beberapa hal yang harus di lakukan sebelumnya. Karena cara ini beresiko menghapus file di smartphone sangat di anjurkan untuk membackup data-data penting anda terlebih dahulu.

Demikian beberapa cara atau tips dan trik agar smartphone jadi lebig ringan dan ngebut, selamat mencoba semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trik-trik berikutnya. 
Sekian dari saya
Wassalamualaikum wr wb

Previous
Next Post »