Informasi Seputar Teknologi Informasi

Sabtu, 23 Juli 2016

Kabar Gembira.. Nokia Kembali Akan Merilis Smartphone Android

Nokia dikabarkan tidak mau ketinggalan juga oleh BlacBerry, Perusahaan asal Finlandia yang saat ini di akuisisi oleh Microsoft di kabarkan juga sedang mengembangkan dan memproduksi smartphone dengan sistem operasi Android . Smartphone berkode P1 ini nantinya di persiapkan oleh Nokia untuk ikut bersaing dengan produsen lain terutama Blackberry . 

Produsen ponsel asal Finlandia ini pernah merajai pasar konsumen di dunia. Pada bulan Mei 2016 lalu, Nokia mengumumkan bakal kembali ke pasar smartphone. Produk terbaru yang sedang mereka siapkan adalah Nokia P1 yang menggunakan di persiapkan dengan sistem operasi Android. Kira-kira bisa nggak ya mereka kembali berjaya seperti dulu?
Saat ini Nokia telah melisensikan merknya kepada Foxconn yang digunakan untuk memproduksi smartphone yang akn mereka luncurkan tahun ini. Inilah awal mula munculnya rumor smartphone Android terbaru mereka. Kabar yang beredar saat ini menyebutkan bahwa Nokia akan meluncurkan tiga smartphone Android sekaligus dan P1 termasuk salah satunya. Dua dari tiga smartphone tersebut merupakan ponsel cerdas versi high-end, ditujukan pada segmen premium tertinggi! Salah satunya akan memiliki layar berukuran 5 inci. Namun versi lain menyatakan bahwa layarnya berukuran 5.5 inci. Bisa jadi 3 smartphone Android yang akan dirilis oleh Nokia ini dibekali fitur kamera dan audio yang sangat canggih. Nokia P1 dipastikan mengantongi sertifikasi IP58, tahan air dan debu. Penasaran, bukan?
 



Sejauh ini, Nokia P1 disebut-sebut akan mengantongi spesifikasi teknis yang sama dengan Sharp Aquos P1 rancangan InFocus, anak perusahaan Foxconn. Ini membawa RAM GB 3 dengan chipset Snapdragon 820 dan layar FHD 5,3 inci. Selain itu, handset yang bakal dirancang model kontemporer ini akan dilengkapi kamera di bagian belakang berkapasitas 22,6 MP dan baterai 3000mAh. Sharp sendiri kini sudah dimiliki oleh Foxconn, sehingga ada kemungkinan smartphone Sharp Aquos P1 tersebut bakal di re-branding dengan nama Nokia P1. Namun rumor lain menyatakan jika nama Sharp Aquos P1 tidak diubah, namun dengan penjualan yang terbatas di negara-negara tertentu.
Jika spesifikasi Nokia P1 sama dengan Sharp Aquos P1, maka layarnya akan seluas 5,3 inci FHD dengan panel IGZO. Berikutnya: prosesor Snapdragon 820, RAM 3 GB, memori 32 GB dan slot microSD. Adapun resolusi kamera utamanya 22,6 MP dengan aperture f/1.9. Kapasitas baterai tergolong raksasa: 3000mAh. Spesifikasi teknis lainnya: Dual SIM atau Single SIM GSM/GSM. Internet: GSM / HSPA/4G LTE. GPS: Yes, with A-GPS. Bluetooth v 4.0.Wi-Fi: 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot. USB: MicroUSB v2.0, USB OTG. Sensor: Accelerometer, Proximity, Light.
 
Layar yang cukup lebar dengan luas 5.5 inci resolusi Full HD (1080x1920) piksel. Mengusung kapasitas RAM yang cukup besar yaitu 3 GB dan sangat memungkinkan melakukan aktifitas multitasking dengan sangat lancar. Jeroan yang ditanamkan cukup bertenaga karena tampil dengan CPU Snapdragon Quad Core dan ini sangat nyaman buat aktifitas multitasking. Memori internal yang cukup luas hingga 32 GB yang didukung MicroSD 256 GB. Kekurangannya adalah, tidak didukung dengan Gorilla Glass dan tipe baterainya Non-Removable. 
Prediksi Rilis Nokia P1 dan Harganya
Menurut rumor yang beredar, harga Nokia P1 bakal ada di kisaran 2,5 hingga 3 jutaan. Sebagai bagian dari perjanjian penjualan divisi perangkat ponsel ke Microsoft, Nokia juga belum boleh merilis smartphone dengan nama Nokia sampai kuartal ke-3 tahun 2016. Selepas itu, perusahaan asal Finlandia tersebut boleh bebas menjual kembali smartphone dengan label merek Nokia. Jadi prediksi kami, rilis Nokia P1 paling awal adalah pada kuartal ke-4 tahun 2016 atau mulai bulan Oktober 2016. Kita tunggu saja!  

Sekian, dan seperti biasa terimakasih..

Previous
Next Post »

1 komentar:

HADAD AL AKBAR delete 27 Desember 2016 08.35

Makasih kang, informasinya sangat bermanfaat buat saya. Tapi kang saya sering membeli smartphone yang kualitas jelek. adakah cara untuk memilih smartphone yang berkualitas? Kalau gak ada gak papa... hehehe