Informasi Seputar Teknologi Informasi

Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Flash Smartphone Lenovo A390 Via Flashtool

Akhir-akhir ini tentunya sudah semakin akrab di telinga kita para pengguna Smartphone atau Tablet ber OS Android tentang apa itu Hard Reset atau Factory Reset, Flahsing dan Upgrading. Istilah-istilah itu digunakan untuk mengatasi beberapa kendala-kendala yang sering kita sebagai pengguna perangkat Android.
Misalkan Lupa password, aplikasi error, system banyak bug nya, lemot, bootloop atau bahkan mati total. Semakin kedepan semakin banyak pula pengguna yang sudah paham bahkan bisa mengatasi permasalahan-permasalahan yang di jumpai pada perangkat Android nya menggunakan trik-trik dan cara di atas. Tinggal penyesuaian nya saja pada beberapa masalah dan solusi nya.
Untuk kali ini saya akan berbagi trik, tentang bagamana cara Flashing Smartphone Lenovo A390 Via Flashtools atau melalui PC.
Singkat saja, silahkan teman yang belum memiliki bahan-bahan yang di butuhkan untuk mendownload di Link yang saya sediakan di bawah ini :

1. USB Driver

2. USB Vcom Driver

3. SP FlashTools v5

4. Firmware Lenovo A390
Password RAR

Jika sudah selesai download ketiga nya, silahkan ekstrak dan langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Yang pertama silahkan install USB Drive dan USB Vcom Driverr nya
2. Kemudian Buka program SP Flashtools v5 ( run as administrator atau klik kanan pilih run asa administrator)
3. Selanjutnya arahkan button "Scatter Loading" ke file .txt dengan nama yang sama "scatter loading file" yang berada di dalam folder firmware yang anda download tadi.
4. Program Flashtools akan membaca file-file yang ada di dalam firmware.
5. Langkah berikutnya pada mode download di program flashtools pilih "Download Only"
6. Klik Download warna hijau di bagian atas program
7. Koneksikan Smartphone ke PC dalam keadaan Off atau mati
8. PC akan mendeteksi Smartphone, Jika USB Driver dan USB Vcom Driver Terpasang dengan benar maka deteksi PC ke Smartphone akan berhasil. Dan Program SP Flashtools akan menampilkan chip info di sudut kiri bawah program. Berlanjut ke proses Formating (proses indikator warna biru) dan Flashing (proses indikator warna kuning).
9. Tanda bulat warna hijau akan tampil jika proses selesai. Smartphone akan restart secara otomatis dan langsung masuk ke layar wizard setting ( pengaturan bahasa, tanggal jam dan lainnya)
10. Untuk hasil yang lebih optimal, saran dari penulis sialhkan factory reset smartphone setelah proses flashing selesai. ini juga bisa mengatasi beberapa kendala yang sering di jumpai saat setelah flashing selesai, misal nya smartphone tidak mau boot ke layar utama atau proses boot ke layar utama lama.

Untuk lebih memperjelas dan mempermudah langah-langkah di atas. Di bawah ini saya tautkan video Tutorial Langsung Cara Flash Smartphone Lenovo A390 Via Flashtools.

Sekian dari saya, apabila menemui kendala saat proses flashing atau saat download bahan-bahan nya di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terimakasih, Semoga bermanfaat
Sampai Jumpa di trik-trik berikutnya

Previous
Next Post »